PROGRAM
TAHUNAN
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Status Pendidikan : MTs
Nama Madrasah : MTs Kelas : VII
Tahun
Pelajaran : 2012/2013 Waktu : 68 JP
SMT
|
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
KETERANGAN
|
I
|
1.1
|
Memahami dasar
dan tujuan akidah Islam
|
Menjelaskan dasar dan
tujuan aqidah Islam.
|
2
|
|
1.2
|
Menunjukkan
dalil tentang dasar dan tujuan aqidah Islam.
|
2
|
|||
1.3
|
Menjelaskan hubungan
Iman, Islam, dan Ihsan.
|
2
|
|||
1.4
|
Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam, dan Ihsan.
|
2
|
|||
2.1
|
Meningkatkan
keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya
|
Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang
nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
|
6
|
||
2.2
|
Menunjukkan bukti / dalil naqli dan aqli dari
sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
|
2
|
|||
2.3
|
Menguraikan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah
SWT.
|
6
|
|||
2.4
|
Menunjukkan ciri-ciri / tanda perilaku orang beriman
kepada sifat-sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.
|
2
|
|||
3.1
|
Menerapkan
akhlak terpuji kepada Allah
|
Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat,
khauf, dan taubat.
|
4
|
||
3.2
|
Mengidentifikasi bentuk dan contoh perilaku ikhlas,
taat, khauf, dan taubat.
|
2
|
|||
3.3
|
Menunjukkan nilai-nilai positif dari perilaku
ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam fenomena kehidupan.
|
2
|
|||
3.4
|
Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat
dalam kehidupan sehari-hari.
|
2
|
|||
JUMLAH
|
34 jp
|
SMT
|
NO.
|
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
KETERANGAN
|
II
|
1.1
|
Memahami
al-asma' al-husna
|
Menguraikan 10 al-asma’al-husna (al-Azziz,
al-Ghafar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Ghafar, al-Fatah,
al-‘Adl, al-Qayyum).
|
4
|
|
1.2
|
Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran
Allah melalui pemahaman terhadap 10 al-asma’al-husna (al-Azziz, al-Ghafar,
al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Ghafar, al-Fatah, al-‘Adl,
al-Qayyum).
|
2
|
|||
1.3
|
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10
al-asma’al-husna (al-Azziz, al-Ghafar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr,
al-Ghafar, al-Fatah, al-‘Adl, al-Qayyum).
|
2
|
|||
1.4
|
Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam
10 al-asma’al-husna (al-Azziz, al-Ghafar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf,
al-Barr, al-Ghafar, al-Fatah, al-‘Adl, al-Qayyum) dalam kehidupan
sehari-hari.
|
2
|
|||
2.1
|
Meningkatkan
keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk gaib selain malaikat
|
Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat Allah
dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan.
|
4
|
||
2.2
|
Menunjukkan bukti / dalil kebenaran adanya malaikat
Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan.
|
4
|
|||
2.3
|
Menjelaskan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah
serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis dan setan.
|
4
|
|||
2.4
|
Menerapkan perilaku beriman kepada malaikat Allah
dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis dan setan dalam fenomena
kehidupan.
|
4
|
|||
3.1
|
Menghindari
akhlak tercela kepada Allah
|
Menjelaskan pengertian riya’ dan nifaq.
|
2
|
||
3.2
|
Mengidentifikasi bentuk dan contoh perbuatan riya’
dan nifaq.
|
2
|
|||
3.3
|
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan
riya’ dan nifaq dalam fenomena kehidupan.
|
2
|
|||
3.4
|
Membiasakan diri untuk menghindari perbuatan riya’
dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari.
|
2
|
|||
JUMLAH
|
34 jp
|
Tempat, Tanggal Bulan
Tahun
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Afidatul
Khoiriyah, S.Ag Ahmad
Miftahul Huda S.Pd.I
0 komentar:
Posting Komentar