Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

About

2 Okt 2012

Contoh PROTA MAPEL AKIDAH AKHLAQ tingkat SMP/MTs


PROGRAM TAHUNAN
                                                                

Mata Pelajaran     :               Aqidah Akhlak      Status Pendidikan               :               MTs      
Nama Madrasah   :               MTs                       Kelas                                   :               VII
Tahun Pelajaran   :               2012/2013              Waktu                                  :               68 JP

SMT
NO.
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
KETERANGAN













I
1.1
Memahami dasar dan tujuan akidah Islam
Menjelaskan dasar dan tujuan aqidah Islam.
2

1.2
Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan aqidah Islam.
2

1.3
Menjelaskan hubungan Iman, Islam, dan Ihsan.
2

1.4
Menunjukkan dalil tentang Iman, Islam, dan Ihsan.
2

2.1
Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman sifat-sifat-Nya
Mengidentifikasi sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
6

2.2
Menunjukkan bukti / dalil naqli dan aqli dari sifat-sifat wajib Allah yang nafsiyah, salbiyah, ma’ani dan ma’nawiyah.
2

2.3
Menguraikan sifat-sifat mustahil dan jaiz bagi Allah SWT.
6

2.4
Menunjukkan ciri-ciri / tanda perilaku orang beriman kepada sifat-sifat wajib, mustahil, dan jaiz Allah SWT dalam kehidupan sehari-hari.
2

3.1
Menerapkan akhlak terpuji kepada Allah
Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhlas, taat, khauf, dan taubat.
4

3.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh perilaku ikhlas, taat, khauf, dan taubat.
2

3.3
Menunjukkan nilai-nilai positif dari perilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam fenomena kehidupan.
2

3.4
Membiasakan perilaku ikhlas, taat, khauf dan taubat dalam kehidupan sehari-hari.
2

JUMLAH
34 jp



SMT
NO.
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
KETERANGAN










II
1.1
Memahami al-asma' al-husna
Menguraikan 10 al-asma’al-husna (al-Azziz, al-Ghafar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Ghafar, al-Fatah, al-‘Adl, al-Qayyum).
4

1.2
Menunjukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui pemahaman terhadap 10 al-asma’al-husna (al-Azziz, al-Ghafar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Ghafar, al-Fatah, al-‘Adl, al-Qayyum).
2

1.3
Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-asma’al-husna (al-Azziz, al-Ghafar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Ghafar, al-Fatah, al-‘Adl, al-Qayyum).

2

1.4
Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 al-asma’al-husna (al-Azziz, al-Ghafar, al-Basith, an-Nafi’, ar-Rauf, al-Barr, al-Ghafar, al-Fatah, al-‘Adl, al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari.
2

2.1
Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk gaib selain malaikat
Menjelaskan pengertian iman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan.
4

2.2
Menunjukkan bukti / dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis, dan setan.
4

2.3
Menjelaskan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis dan setan.
4

2.4
Menerapkan perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk gaib lainnya seperti jin, iblis dan setan dalam fenomena kehidupan.
4

3.1
Menghindari akhlak tercela kepada Allah
Menjelaskan pengertian riya’ dan nifaq.
2

3.2
Mengidentifikasi bentuk dan contoh perbuatan riya’ dan nifaq.
2

3.3
Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya’ dan nifaq dalam fenomena kehidupan.
2

3.4
Membiasakan diri untuk menghindari perbuatan riya’ dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari.
2

JUMLAH
34 jp




                                                                                                                                Tempat, Tanggal Bulan Tahun

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                     Guru Mata Pelajaran




Afidatul Khoiriyah, S.Ag                                                                                Ahmad Miftahul Huda S.Pd.I

0 komentar: